Berita SIKN-JIKN

Entries for Februari 2014

14
PELATIHAN “PERFORMANCE AND MONITORING SERVER“  DALAM RANGKA MENDUKUNG PENINGKATAN SDM PENYELENGGARA SIKN DAN JIKN DI ANRI
Penyelenggaraan Pelatihan "Performance and Monitoring Server" pada tahun 2014 merupakan salah satu upaya ANRI, yang dalam hal ini dilaksanakan oleh Pusat Pengkajian dan Pengembangan Sistem Informasi (Pusat Jibang SIK), untuk menyinergikan kemampuan dan langkah-langkah dalam rangka meningkatkan mutu penyelenggaraan kearsipan nasional untuk mendukung kegiatan pemerintahan dan pembangunan dengan peningkatan sumber daya manusia (SDM) di bidang teknologi informasi kearsipan.

[Baca sisa dari artikel ini...]

14
TIM DARI BADAN PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH  PROVINSI BANTEN MENGADAKAN KUNJUNGAN  KE PUSAT JARINGAN NASIONAL SIKN DAN JIKN
BPAD Provinsi Banten sebagai salah satu simpul jaringan pertama dalam penyelenggaraan SIKN dan JIKN secara nasional telah melakukan kerjasama dengan PT. Telkom, Tbk untuk sewa online storage sejak tahun 2013, untuk menunjang penyelenggaraan SIKN dan JIKN, Pada Tanggal 13 Februari 2014 tim pelaksana BPAD Provinsi Banten melakukan bimbingan teknis SIKN dan JIKN di kantor Arsip Nasional Republik Indonesia yang diterima oleh Kepala Bidang Pengolahan Data SIK, M. Rustam dan Kepala Bidang Penyajian SIK, Desi Pratiwi. Rencananya bulan April 2014 BPAD Provinsi Banten akan menyelenggarakan Workshop SIKN dan JIKN untuk 30 peserta SKPD Provinsi Banten.

Manfaat yang dapat diperoleh dari penyelenggaraan SIKN dan JIKN adalah kemudahan bagi setiap instansi melalui e-records dan e-archives dalam memberikan layanan informasi kearsipan kepada masyarakat sebagai pelaksanaan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

[Baca sisa dari artikel ini...]

12
SOSIALISASI SIKN DAN JIKN DI KANTOR ARSIP INSTITUT PERTANIAN BOGOR (IPB)

Dalam rangka menindaklanjuti Rekomendasi Rapat Koordinasi Nasional SIKN dan JIKN tanggal 19 Oktober 2013 di D.I. Yogyakarta yang bertema "Implementasi Penyelenggaraan SIKN dan JIKN dalam rangka Mendukung Pengembangan E-Government ", Kantor Arsip Institut Pertanian Bogor (IPB) berencana menjadi salah satu percontohan untuk penyelenggaraan SIKN dan JIKN di lingkungan perguruan tinggi.

Kantor Arsip IPB merupakan salah satu simpul jaringan pada penyelenggaraan SIKN dan JIKN secara nasional seperti yang diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan. Sebagai simpul jaringan, Kantor Arsip IPB perlu berpartisipasi aktif dalam penyelenggaraan SIKN dan JIKN, sehingga informasi kearsipannya dapat diakses oleh masyarakat secara mudah di mana pun berada sebagai pelaksanaan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

[Baca sisa dari artikel ini...]