Berita SIKN-JIKN

28

Dalam konteks NKRI Sistem Informasi Kearsipan Nasional (SIKN) dan Jaringan Informasi Kearsipan (JIKN) merupakan sarana bantu penyatuan informasi kearsipan dan riwayat dokumenter yang terpisah-pisah di antara para pencipta arsip maupun lembaga kearsipan di seluruh Indonesia.

Dalam konteks Keterbukaan Informasi Publik, JIKN dapat menjadi sarana bantu implementasi Keterbukaan Informasi Publik oleh seluruh badan publik baik di pusat maupun daerah. SIKN dan JIKN sangat terkait dengan Open Government Indonesia, karena melalui website JIKN masyarakat dapat langsung mencari dan mendapatkan informasi dalam wujud arsip (berikut kopi digitalnya) secara lengkap, cepat, tepat, mudah dan murah, sesuai dengan prosedur dan aturan Keterbukaan Informasi Publik instansi yang bersangkutan.

Infrastruktur aplikasi SIKN dan JIKN akan terwujud dalam bentuk aplikasi dan website. Aplikasi SIKN merupakan aplikasi yang dipergunakan oleh simpul jaringan dalam  menghimpun data dan informasi kearsipannya. Aplikasi ini berupa web service yang mendukung interoperabilitas dan interaksi sistem pada jaringan. Aplikasi SIKN hanya terbatas digunakan oleh pengguna tertentu di instansi bersangkutan dan pengguna lainnya yang telah mendapat kewenangan dari administrator sesuai dengan perannya. Website JIKN merupakan antarmuka pengguna umum (masyarakat) untuk mencari informasi kearsipan secara nasional yang sebelumnya telah dihimpun oleh simpul jaringan menggunakan aplikasi SIKN. Fitur lainnya pada website JIKN adalah pencarian arsip tematik, pameran arsip virtual, galeri arsip, pemesanan arsip online, pesan baca arsip onsite, link ke lembaga kearsipan dan lain-lain.

Komentar

iding surading
# iding surading
17 Juni 2015 14:19
sistem infor masi makin canngih makasih info arti nama bayi
iding surading
# iding surading
17 Juni 2015 14:35
makasih pak admin infonya resep

Berikan Komentar

Hanya pengguna terdaftar yang bisa mengirim komentar