Berita SIKN-JIKN

12

Dalam rangka menindaklanjuti Rekomendasi Rapat Koordinasi Nasional SIKN dan JIKN tanggal 19 Oktober 2013 di D.I. Yogyakarta yang bertema "Implementasi Penyelenggaraan SIKN dan JIKN dalam rangka Mendukung Pengembangan E-Government ", Kantor Arsip Institut Pertanian Bogor (IPB) berencana menjadi salah satu percontohan untuk penyelenggaraan SIKN dan JIKN di lingkungan perguruan tinggi.

Kantor Arsip IPB merupakan salah satu simpul jaringan pada penyelenggaraan SIKN dan JIKN secara nasional seperti yang diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan. Sebagai simpul jaringan, Kantor Arsip IPB perlu berpartisipasi aktif dalam penyelenggaraan SIKN dan JIKN, sehingga informasi kearsipannya dapat diakses oleh masyarakat secara mudah di mana pun berada sebagai pelaksanaan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Kantor Arsip IPB dapat sekaligus memanfaatkan fasilitas penyimpanan online (cloud storage) pada SIKN untuk mem-backup semua jenis data elektronik lain (selain data kearsipan), dalam rangka melindungi dan menyelamatkan arsip, karena fasilitas penyimpanan online ini telah dilengkapi dengan fasilitas Disaster Recovery Center (DRC) dan fasilitas keamanan data dari akses oleh pihak yang tidak berkepentingan, maupun dari musibah atau bencana yang tidak diinginkan yang sewaktu-waktu dapat terjadi.

Sosialisasi SIKN dan JIKN di IPB dilaksanakan pada hari Selasa, 11 Februari 2014, yang dihadiri oleh Kepala Kantor Arsip IPB (Mustofa), Kepala Bidang Pelayanan Arsip dan Pembinaan Kearsipan (Setyo Edi S.), dan Kepala Bidang Akuisisi dan Pengelolaan Arsip (Nooryani). Tim ANRI yang dating ke IPB adalah Kepala Bidang Pengolahan Data SIK (M. Rustam), Kepala Bidang Penyajian SIK (Desi Pratiwi), dan 3 pranata komputer (Siwo Bayuaji, Benhard Mevis, dan Bayu Kurniawan).

Komentar

Newbie Permanen
# Newbie Permanen
24 Agustus 2016 9:38
Makasih infonya, thx udah share tv online indonesia tv streaming online nonton tv online

Berikan Komentar

Hanya pengguna terdaftar yang bisa mengirim komentar