Berita SIKN-JIKN

04

Kunjungan Deputi Bidang Informasi dan Pengembangan Sistem Informasi Kearsipan (IPSK) ANRI (Dra. Dini Saraswati, MAP) beserta rombongan ke Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pada hari Selasa, 4 Maret 2014 merupakan agenda penting dalam rangka mensosialisasikan aplikasi SIKN dan JIKN. Rombongan diterima oleh Kepala BMKG (Dr. Andi Eka Sakya, M.Eng), Sekretaris Utama BMKG (Soepriyo, Dipl.AIT, S.Si), Kepala Biro Umum BMKG (Pesoth Daniel, S.Si).

BMKG merupakan lembaga negara yang salah satu fungsi dan tugasnya adalah membangun dan mengelola sistem komunikasi dan Internet yang terjamin keamanan datanya dan terjamin kualitas datanya di bidang Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika. Saat ini BMKG telah menggunakan teknologi cloud computing dalam menyimpanan dan mengelola database.

Dalam sambutannya, Kepala BMKG menyampaikan pentingnya arsip sebagai latar belakang perlunya kerja sama antara ANRI dan BMKG dalam upaya pelindungan dan penyelamatan arsip. Sementara, Deputi Bidang IPSK ANRI menyampaikan tentang tugas pokok dan tanggung jawab ANRI di bidang kearsipan, khususnya dalam penyelenggaraan SIKN dan JIKN secara nasional. Dalam hal kepentingan BMKG, fungsi SIKN dapat digunakan untuk menyimpan data dan informasi lainnya selain kearsipan, serta sebagai backup untuk melindungi dan menyelamatkan arsip.

Selanjutnya, sosialisasi aplikasi SIKN dan JIKN dilakukan oleh tim ANRI kepada pegawai BMKG khususnya di lingkungan Sekretariat BMKG. Diskusi hangat terbangun dalam sosialisasi tersebut, dengan berbagai pertanyaan yang diajukan oleh pegawai terkait dengan persyaratan menjadi simpul jaringan, pendidikan dan pelatihan SIKN dan JIKN, pelindungan dan penyelamatan arsip dalam media smoking paper dari tahun 1900-an, penyediaan konten dalam SIKN dan JIKN, serta back-up data oleh BMKG. Acara kemudian ditutup dengan pemutaran film mengenai penyelenggaraan SIKN dan JIKN.

Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk mengirim satu.

Berikan Komentar

Hanya pengguna terdaftar yang bisa mengirim komentar