Berita SIKN-JIKN

18

JAKARTA, ARSIP - Sebagai salah satu bentuk pelaksanaan amanat Undang-undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan yang antara lain mengatur perlu adanya suatu koordinasi dalam penyelenggaraan Jaringan Informasi Kearsipan Nasional (JIKN), Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) melaksanakan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) JIKN Tahap II. Rakornas JIKN Tahap II ini bertempat di Hotel Bumikarsa, Jl. Gatot Subroto kav. 71-73, Jakarta Selatan pada 15 s.d 16 Nopember 2011 dan dibuka secara resmi oleh Kepala ANRI,M. Asichin. Acara diikuti oleh 100 orang peserta berasal dari instansi pemerintah tingkat pusat dan daerah.

Melalui rakornas JIKN tahap II diharapkan timbulnya efek berkelanjutan, yakni menuju pada kesiapan infrastruktur dan sumber daya lainnya yang menjadi persyaratan dan tanggung jawab dari tiap instansi sebagai simpul jaringan. Diharapkan pula terwujudnya kerja sama antara para pemangku kepentingan dalam membangun sebuah JIKN serta terwujudnya peningkatan penyediaan dan pelayanan kearsipan kepada masyarakat.

Adapun materi yang didiskusikan dalam rakornas JIKN tahap II mencakup pada kebijakan penyelenggaraan pangkajian dan pengembangan sistem dan informasi kearsipan, Norma Standar Prosedur dan Kriteria (NSPK) menyangkut penyelenggaraan JIKN, perkembangan menyangkut pelaksanaan e-Government, serta isu terkait dengan teknologi jaringan, dalam hal ini Cloud Computing. Perwakilan Kementerian Komunikasi dan Informatika serta PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk. turut hadir dalam acara ini yang bertindak sebagai narasumber bersama perwakilan ANRI.

 

 (Sumber : Majalah ANRI Edisi Khusus 56 Tahun 2011)

Komentar

Newbie Permanen
# Newbie Permanen
24 Agustus 2016 9:33
Makasih infonya, thx udah share tv online tv streaming nonton tv online

Berikan Komentar

Hanya pengguna terdaftar yang bisa mengirim komentar