Berita SIKN-JIKN

Entries for 'rachman95'

11
KUNJUNGAN BADAN PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN DAERAH (BAPUSIPDA) PROVINSI JAWA BARAT KE PUSAT SISTEM DAN JARINGAN INFORMASI KEARSIPAN NASIONAL ANRI

Dua hari berturut-turut, Badan Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (BAPUSIPDA) Provinsi Jawa Barat menggali informasi terkait SIKN dan JIKN. Hari pertama, Kamis, 10 Desember 2015, BAPUSIPDA Provinsi Jawa Barat memperoleh informasi mengenai kebijakan SIKN JIKN, infrastruktur teknis, input arsip statis melalui SIKN JIKN, dasar hukum penyelenggaraan, pentingnya simpul jaringan sebagai kekuatan SIKN JIKN, serta timeline implementasi SIKN dan JIKN. Informasi tersebut diperoleh dari presentasi yang dipaparkan oleh Muhammad Rustam (arsiparis). ANRI tidak bisa membangun SIKN JIKN jika tidak ada simpul sama sekali. Fungsi utama SIKN JIKN adalah penyediaan akses (informasi) yang bersifat nasional. Sementara pengelolaannya secara internal terdapat pada aplikasi SIKS dan aplikasi SIKD. JIKN merupakan jaringan informasi pelayanan arsip untuk dinamis (aktif/inaktif) maupun statis. SIKN JIKN bersifat unik, karena menghimpun informasi kearsipan yang dinamis maupun statis secara menyeluruh. Sistem informasi kearsipan semacam ini belum pernah ditemukan di semua instansi lembaga kearsipan negara maju. M. Rustam juga menekankan bahwa teknologi yang akan mengangkat “pamor” dunia kearsipan yang selama ini lebih identik dengan kertas, debu, gudang.

[Baca sisa dari artikel ini...]

18
KONSULTASI BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH SULAWESI TENGAH TERKAIT PENYELENGGARAAN SIKN-JIKN

Pada 17 Februari 2015, Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Sulawesi Tengah berkunjung ke Pusat Sistem dan Jaringan Informasi Kearsipan Nasional ANRI. BKD Sulteng pada kesempatan tersebut diwakili oleh Hasim R (Kepala Sub Bidang Data) bersama staf disambut oleh Eksanto, S.Si (Kabid Pengembangan Sistem dan Jaringan Informasi Kearsipan Nasional), Muhammad Zahrudin, S.Kom (pranata komputer),dan para arsiparis.

BKD Sulteng ingin mengetahui sistem pengelolaan arsip di ANRI. BKD Sulteng memiliki khazanah arsip kepegawaian dan sudah melakukan digitalisasi arsip sebagai salah satu prasyarat untuk bergabung menjadi simpul jaringan SIKN dan JIKN. Eksanto,S.Si memberikan penjelasan terkait keunggulan program SIKN dan JIKN, antara lain: sebagai sarana untuk mempublikasi arsip (baik arsip dinamis maupun arsip statis); sebagai sarana untuk layanan arsip kepada masyarakat; sebagai sarana untuk mem-back up hasil digitalisasi arsip dan file elektronik lainnya ke dalam lingkungan cloud storage; sebagai sarana untuk melakukan file sharing di lingkungan internal instansi; dan sebagai sarana untuk temu balik arsip.

[Baca sisa dari artikel ini...]

03
KONSULTASI KANTOR DINAS PENDIDIKAN KOTA TARAKAN TENTANG PENYELENGGARAAN SIKN DAN JIKN

Selasa, tanggal 2 Desember 2014, Pusat Pengkajian dan Pengembangan Sistem Informasi Kearsipan menerima kunjungan singkat dari Dinas Pendidikan Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Timur yaitu Rita Sasmita (SMAN 1 Tarakan), Busri, Spd (Dinas Pendidikan Kota Tarakan), dan Edy Supriyady (Dinas Pendidikan Kota Tarakan). Kunjungan secara resmi diterima oleh Drs. M. Rustam (Kepala Bidang Pengolahan Data SIK) yang dampingi oleh Dra. Desi Pratiwi, MIM (Kepala Bidang Penyajian SIK) dan Gurandhyka, S.IP (Kasubbag Hubungan Antar Lembaga dan Protokol).

Pada kesempatan yang singkat itu, M. Rustam menjelaskan tentang SIKN dan JIKN yang diselenggarakan oleh ANRI. Tamu-tamu dari Kota Tarakan itu dijelaskan juga tentang infrastruktur, manfaat dan aplikasi SIKN dan JIKN serta persiapan teknis untuk menjadi simpul jaringan. Kunjungan yang berlangsung satu jam tersebut diikuti dengan antusias dengan berbagai macam pertanyaan seputar SIKN dan JIKN.

[Baca sisa dari artikel ini...]

02
DIKLAT SIKN DAN JIKN DI KEMENTERIAN PERHUBUNGAN (II)

Kementerian Perhubungan sudah ada sejak awal periode kemerdekaan Indonesia tahun 1945 (periode Kabinet Republik Indonesia) hingga saat ini tahun 2014 (periode Kabinet Kerja) menjadi kementerian dalam pemerintah Indonesia yang membidangi urusan perhubungan atau transportasi. Tugas kementerian ini berkaitan dengan penyediaan layanan jasa, prasarana dan sarana perhubungan, pemeliharaan dan peningkatan kualitas demi kesejahteraan hidup rakyat.

Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di Kementerian Perhubungan tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor KP.39 Tahun 2009 tentang Rencana Induk Pemanfaatan TIK di Lingkungan Departemen Perhubungan. Pertimbangan pemanfaatan TIK ini di lingkungan kementerian ini dalam proses pemerintahan (e-government) akan meningkatkan efisiensi, efektivitas, transparansi, dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan sehingga akan terwujud penyelenggaraan pemerintahan sehingga akan terwujud penyelenggaraan pemerintahan yang baik (good governance) dan meningkatkan layanan publik yang efektif dan efisien.

[Baca sisa dari artikel ini...]

20
SOSIALISASI SIKN DAN JIKN DI PERPUSTAKAAN NASIONAL R.I.

Hubungan satu rumpun yang erat antara arsip nasional dan perpustakaan nasional di seluruh dunia semakin terasa dampaknya pada revolusi informasi di akhir abad kedua puluh. Munculnya arsip elektronik dan penerbitan elektronik serta perkembangan dan penggunaan yang cepat terhadap teknologi informasi menyajikan sebuah tantangan dan kesempatan yang bersejarah. Bagi perpustakaan nasional dan arsip nasional di abad World Wide Web, arsip elektronik dan publikasi elektronik serta permintaan kemudahan akses terhadap informasi semakin tinggi serta menjadi kebutuhan suatu masyarakat informasi (information society).

Di era elektronik ini, kedua lembaga mendapatkan kesempatan untuk melayani informasi kepada public selayaknya pusat informasi yang lengkap. Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI) harus memainkan peran kemitraan yang memadai dalam mendukung penyelenggaraan negara.Tugas PNRI yang erat dengan upaya mencerdaskan bangsa dan tugas ANRI yang dekat dengan upaya mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik sangat tergantung dengan penyediaan informasi kepada publik.

[Baca sisa dari artikel ini...]

03
WORKSHOP IMPLEMENTASI SIKN DAN JIKN TAHUN 2014

Workshop Implementasi SIKN dan JIKN tahun 2014 yang diselenggarakan pada tanggal 29–30 Oktober 2014 di Sunda Room Hotel de Rivier Jakarta, berlokasi di Jl. Kali Besar Nomor 44-46, Jakarta, diikuti oleh 55 peserta yang berasal dari Kementerian/Lembaga, pemerintahan daerah provinsi dan kabupaten/kota, perguruan tinggi negeri, serta ANRI. Pada kesempatan ini, Kepala Bidang Pengolahan Data Sistem Informasi Kearsipan (Drs. Muhammad Rustam) menyampaikan laporan penyelenggaraan workshop. Kemudian, workshop dibuka oleh Kepala Pusat Pengkajian dan Pengembangan Sistem Informasi Kearsipan (Drs. Sumrahyadi, MIMS) yang dilanjutkan dengan pemaparan Kebijakan Penyelenggaraan SIKN dan JIKN.

[Baca sisa dari artikel ini...]

20
PENYERAHAN ARSIP PRESIDEN SBY KE ANRI

Suri teladan yang baik dan patut ditiru oleh pemimpin nasional mendatang dan pemimpin daerah telah diberikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat menyerahkan arsip kegiatan kenegaraannya selama dua periode pemerintahannya (2004-2014) kepada Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) pada tanggal 17 Oktober 2014. Penandatanganan berita acara serah terima arsip Presiden ditandatangani oleh Menteri Sekretaris Negara (Sudi Silalahi) dan Kepala ANRI (Mustari Irawan) di Istana Bogor. SBY bahkan menyatakan peristiwa tersebut layak menjadi tradisi sebagai bentuk system kerja administrasi modern pada sebuah negara yang modern, dan merupakan tanggung jawab kepala negara. Melalui dokumen Negara inilah masyarakat tahu hal-hal yang sudah dilaksanakan oleh pemerintahan selama ini, demikian selanjutnya disampaikan oleh SBY.

Selama ini, menurut Berita www.setkab.go.id, SBY telah memerintahkan jajaran stafnya dan memastikan semua arsip produk legislasi atau produk admnistrasi Negara selama pemerintahannya benar-benar terdokumentasi dengan baik. Rencana penyerahan arsip presiden ini diungkapkan oleh SBY saat memimpin Rapat Terbatas Kabinet pada hari Jumat malam tanggal 8 Agustus 2014 di Istana Cipanas. SBY berharap penyerahan arsip Presiden dapat berlanjut di tingkat kementerian, gubernur, bupati, dan walikota. 

[Baca sisa dari artikel ini...]

16
PENGELOLAAN DATA DAN INFORMASI SIKN DAN JIKN

Data kearsipan pada SIKN dan JIKN dikelola sesuai dengan kriteria yang dbutuhkan untuk menghasilkan informasi kearsipan. Data kearsipan tersebut seperti: data simpul jaringan (jumlah maupun profil); data pengguna dari simpul jaringan (nama pengguna); data simpul yang aktif dari simpul jaringan; serta data yang dihasilkan dari sistem SIKN dan JIKN (log pengguna yang login ke dalam aplikasi SIKN dan JIKN, log statisik penggunaan SIKN dan JIKN, log pengunjung website JIKN, log peminjaman arsip statis).

Rapat evaluasi pengelolaan data dan informasi SIKN dan JIKN yang diselenggarakan pada tanggal 13–15 Oktober 2014 di Bogor membahas kriteria data kearsipan tersebut, termasuk manajemen simpul jaringan, manajemen administrasi simpul jaringan, manajemen pengguna biasa, manajemen mac address, tematik, galeri, manajemen data master. Pada pertemuan itu dibahas pula partisipasi aktif 12 simpul jaringan dan persiapan penerimaan 1 simpul jaringan yang baru dari Pemerintah Daerah Bukittinggi. 

[Baca sisa dari artikel ini...]

26
KUNJUNGAN KE PENYIMPANAN CLOUD MILIK TELKOM

Kepala ANRI (Mustari Irawan) didampingi oleh Deputi Bidang Informasi dan Pengembangan Sistem Kearsipan (Dini Saraswati), Kepala Biro Umum (Syaifuddin), Direktur Kearsipan Pusat (M. Taufik), Direktur Kearsipan Daerah (Widarno), Peserta Rakornas SIKN dan JIKN dari IPB (Anita Handayani), serta rombongan berkunjung ke TelkomSigma yang berlokasi di BSD City, Tangerang pada hari Kamis, tanggal 25 September 2014. Rombongan diterima oleh Director of Data Center and Managed Service (Andreuw Thaf) yang didampingi oleh VP Telco, Multimedia & Cross Industry Sales and CRM (Navyta M. Siregar), PGS (Pejabat Ganti Sementara) Head of Senior Consultant Solution Architect & Consultation (Jemmy), Account Manager PT. Telkom (Achmad Warsito), dan Account Manager TelkomSigma (Dina Meidianti).

Sebelum melihat Data Center, rombongan diterima di ruang pertemuan lantai 5. PGS (Pejabat Ganti Sementara) Head of Senior Consultant Solution Architect & Consultation (Jemmy) memaparkan secara singkat dan lengkap mengenai TelkomSigma hingga produk serta penyimpanan cloud. Beberapa hal dibahas terkait dengan pertanyaan-pertanyaan yang muncul dari rombongan, antara lain limitasi kapasitas penyimpanan, pembatasan masa simpanyang tergantung pada permintaan pelanggan, dan penyimpanan data sesuai dengan resolusi digital.

[Baca sisa dari artikel ini...]

03
PENGAWASAN KINERJA SIKN DAN JIKN

Dalam rangka pengawasan di lingkungan ANRI, Inspektorat melakukan pembinaan pengelolaan administrasi keuangan dan kinerja unit kerja Eselon II, termasuk pada Pusat Pengkajian dan Pengembangan Sistem Informasi Kearsipan (Jibang SIK). Kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan Surat Perintah Sekretaris Utama Nomor PW.07/1590/2014 tanggal 14 Agustus 2014. Pengawasan kinerja tersebut dilakukan untuk memantau output dan outcome yang dicapai serta hambatan yang dihadapi terkait dengan penyelenggaraan SIKN dan JIKN pada tahun 2013 dan 2014.

[Baca sisa dari artikel ini...]

01
RAPAT PENGOLAHAN DATA DALAM RANGKA PENYUSUNAN PEDOMAN ALIH DAYA PENYIMPANAN ARSIP BERBASIS CLOUD

Storage arsip atau ruang penyimpanan untuk arsip menjadi salah satu bagian penting dalam pengelolaan arsip dan sering merupakan masalah besar bagi organisasi, terkait dengan keterbatasan tempat dan ruang yang tersedia. Salah satu solusi terkini dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi adalah teknologi cloud computing atau komputasi awan. Teknologi cloud computing memungkinkan organisasi dapat memiliki online storage dengan kapasitas penyimpanan tertentu, sesuai kebutuhan, tanpa harus memiliki software dan hardware, serta mengeluarkan biaya teknis pemeliharaan sistem penyimpanan. SIKN dan JIKN adalah salah satu aplikasi layanan informasi kearsipan yang menggunakan teknologi cloud computing yang dikembangkan oleh ANRI bekerja sama dengan PT. Telekomunikasi Indonesa, Tbk. Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan mengamanatkan ANRI sebagai pusat jaringan nasional, yang mempunyai tugas mengkoordinasikan simpul jaringan dan membina simpul jaringan. Tugas mengkoordinasikan simpul jaringan oleh ANRI dilaksanakan melalui koordinasi fungsional dan koordinasi temu jaringan. Koordinasi temu jaringan dilaksanakan melalui rapat koordinasi nasional (rakornas) SIKN dan JIKN setiap tahun yang dihadiri oleh simpul jaringan.

[Baca sisa dari artikel ini...]

18
PERSIAPAN PELAKSANAAN DAN PENYUSUNAN MATERI  RAKORNAS SIKN DAN JIKN

Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan mengamanatkan ANRI sebagai pusat jaringan nasional, yang mempunyai tugas mengkoordinasikan simpul jaringan dan membina simpul jaringan. Tugas mengkoordinasikan simpul jaringan oleh ANRI dilaksanakan melalui koordinasi fungsional dan koordinasi temu jaringan. Koordinasi temu jaringan dilaksanakan melalui rapat koordinasi nasional (rakornas) SIKN dan JIKN setiap tahun yang dihadiri oleh simpul jaringan.

Pada tahun ini Rakornas SIKN dan JIKN rencananya dilaksanakan pada tanggal 23 s.d. 25 September 2014 di Jakarta, dengan melibatkan sekitar 145 peserta dari ANRI, kementerian, LPNK, lembaga non struktural, lembaga kearsipan provinsi/kabupaten/Kota, perguruan tinggi, dan BUMN.

Persiapan pelaksanaan dan penyusunan materi Rakornas SIKN dan JIKN dilaksanakan oleh Pusat Pengkajian dan Pengembangan Sistem Informasi Kearsipan pada tanggal13–15 Agustus 2014 di Cikarang, Jawa Barat. Materi persiapan berkaitan dengan penyusunan Tim Rakornas SIKN dan JIKN yang terdiri dari Tim Pelaksana, Tim Narasumber dan Moderator, tempat dan waktu penyelenggaraan rakornas, seleksi peserta rakornas, bahan/materi rakornas yang akan diberikan oleh narasumber, dan draf jadwal acara pelaksanaan.

[Baca sisa dari artikel ini...]

27
MAGANG APLIKASI SIKN DAN JIKN BAGI PEGAWAI  DI LINGKUNGAN KANTOR  PERPUSTAKAAN  DAN ARSIP KOTA SERANG

Sebagai calon simpul jaringan, KPAD Kota Serang mengirimkan 5 orang pegawainya pada tanggal 24-26 Juni 2014 untuk mengikuti kegiatan magang di ANRI. Salah seorang Perwakilannya, Ardius, menjelaskan maksud dan tujuan mengikuti magang tersebut diantaranya adalah ingin berpartisipasi aktif dalam penyelenggaraan SIKN dan JIKN pada tahun ini juga. Kegiatan magang ini merupakan langkah awal program keikutsertaannya, yang kemudian akan dilanjutkan dengan tahap-tahap berikutnya, seperti pendaftaran simpul, in-house training, dan pengisian konten.

[Baca sisa dari artikel ini...]

23
MAGANG APLIKASI SIKN DAN JIKN PEGAWAI PT. TELKOM

Magang aplikasi SIKN dan JIKN merupakan salah satu sarana untuk memperkenalkan dan memberikan pemahaman yang mendalam kepada simpul jaringan. Magang yang kali ini diikuti oleh 4 orang pegawai (Jeffri Andreas, Suci Rahayu, Tuti Restuti, dan Euis Rohana) dari PT. Telkom pada tanggal 22 April 2014 dilaksanakan di laboratorium SIKN dan JIKN ANRI, Jakarta.

[Baca sisa dari artikel ini...]

28
DIKLAT SIKN DAN JIKN TAHUN 2014
Diklat SIKN dan JIKN tahun 2014 dibuka pada hari Senin, tanggal 24 Maret 2014 oleh Deputi Bidang Informasi dan Pengembangan Sistem Informasi Kearsipan (IPSK), Dra. Dini Saraswati, MAP, yang sekaligus menyampaikan materi Kebijakan Kearsipan Nasional. Pada acara pembukaan tersebut, Deputi Bidang IPSK didampingi oleh Kepala Pusat Diklat Kearsipan, Drs. M. Imam Mulyantono. Diklat SIKN dan JIKN, yang diselenggarakan di Pusat Diklat Kearsipan ANRI, Jl. Ir. H. Djuanda No. 62, Bogor,dilaksanakan mulai tanggal 24 Maret sampai dengan 28 Maret 2014. Pada kesempatan hari pertama, seluruh peserta Diklat SIKN dan JIKN berfoto bersama Deputi Bidang IPSK dan Kepala Pusat Diklat Kearsipan di depan kantor Pusdiklat Kearsipan.

[Baca sisa dari artikel ini...]

14
POLA HUBUNGAN DAN INTEGRASI ANTARA DATA CENTRE BPAD PROVINSI DKI JAKARTA DENGAN WEB SERVICES SIKN DAN WEBSITE JIKN

Kepala Bidang Pembinaan Kearsipan BPAD Provinsi DKI Jakarta (Drs. Bambang Chaidir Sunarto, M.Si) menjelaskan kepada tim ANRI yang berkunjung ke kantor BPAD Provinsi DKI Jakarta tentang maksud dan tujuan pembangunan data centre BPAD Provinsi DKI Jakarta untuk mengintegrasikan data dari seluruh SKPD di lingkungan DKI Jakarta.

Bersama dengan Tim ANRI yang terdiri dari M. Rustam (Kepala Bidang Pengolahan Data SIK), Desi Pratiwi (Kepala Bidang Penyajian SIK), Siwo Bayuaji dan Benhard Mevis A.P. (Pranata Komputer), kemudian dibahas tentang pola hubungan dan integrasi antara data centre BPAD DKI Jakarta dengan web services SIKN dan website JIKN, terkait dengan: sistem aplikasi, konten sistem informasi, administrator sistem dan administrator pengguna, serta pemeliharaan konten sesuai kaidah kearsipan.

[Baca sisa dari artikel ini...]

04
SOSIALISASI SIKN DAN JIKN DI BADAN METEOROLOGI, KLIMATOLOGI DAN GEOFISIKA (BMKG)

BMKG merupakan lembaga negara yang salah satu fungsi dan tugasnya adalah membangun dan mengelola sistem komunikasi dan Internet yang terjamin keamanan datanya dan terjamin kualitas datanya di bidang Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika. Saat ini BMKG telah menggunakan teknologi cloud computing dalam menyimpanan dan mengelola database.

Dalam sambutannya, Kepala BMKG menyampaikan pentingnya arsip sebagai latar belakang perlunya kerja sama antara ANRI dan BMKG dalam upaya pelindungan dan penyelamatan arsip. Sementara, Deputi Bidang IPSK ANRI menyampaikan tentang tugas pokok dan tanggung jawab ANRI di bidang kearsipan, khususnya dalam penyelenggaraan SIKN dan JIKN secara nasional. Dalam hal kepentingan BMKG, fungsi SIKN dapat digunakan untuk menyimpan data dan informasi lainnya selain kearsipan, serta sebagai backup untuk melindungi dan menyelamatkan arsip.

[Baca sisa dari artikel ini...]

17
TINJAUAN KEPALA ANRI TERHADAP PENYELENGGARAAN SIKN DAN JIKN

Dalam rangka pengembangan e-government sesuai dengan Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan maka dibangun Sistem Informasi Kearsipan Nasional (SIKN) dan dibentuk Jaringan Informasi Kearsipan Nasional (JIKN) di lingkungan Arsip Nasional Republik Indonesia sebagai payung implementasi e-records (arsip dinamis) dan e-archives (arsip statis).

Kepala ANRI memberikan arahan dalam rangka penyelenggaraan SIKN dan JIKN tahun 2014 di lingkungan internal ANRI untuk mewujudkan penyelenggaraan e-government di lingkungan Arsip Nasional Republik Indonesia, melalui pengelolaan arsip berbasis teknologi cloud computing dan memfasilitasi kemudahan akses arsip dan informasi bagi pengguna yang berkepentingan.

Hasil akhir Arahan Kepala ANRI dalam rangka penyelenggaraan SIKN dan JIKN pada tanggal 16 Januari 2014 pada Pusat Pengkajian dan Pengembangan Sistem Informasi Kearsipan dilakukan untuk memberikan dukungan penuh terhadap pengembangan Sistem Informasi Kearsipan Nasional (SIKN) dan Jaringan Informasi Kearsipan Nasional (JIKN) dan diharapkan integrasi SIKN dan JIKN dengan SIKD dan SIKS ke depannya akan lebih baik untuk meningkatkan mutu penyelenggaraan kearsipan nasional dalam mendukung kegiatan pemerintahan dan pembangunan, serta sebagai bentuk perwujudan penyelenggaraan e-government.



[Baca sisa dari artikel ini...]