Berita SIKN-JIKN

Entries for 'malovelyal'

23
MAGANG APLIKASI SIKN DAN JIKN BADAN PERPUSTAKAAN, ARSIP DAN DOKUMENTASI DAERAH PROVINSI SULAWESI TENGAH SEBAGAI SIMPUL JARINGAN

Dalam rangka persiapan kegiatan pemberian stimulan kepada 21 (dua puluh satu) instansi, Pusat SIKN dan JIKN telah melakukan pendampingan terhadap beberapa instansi penerima stimulan. Pemilihan penerima stimulan merupakan tindak lanjut dari kegiatan Workshop SIKN dan JIKN tanggal 19 s.d 20 November 2015. Kriteria pemilihan tersebut berdasarkan atas kesediaan instansi untuk menerima stimulan (bebas biaya sewa storage online) sebesar 150 GB selama 4 (empat) bulan dari ANRI pada tahun 2015 dan bersedia mengupayakan anggaran sewa storage pada tahun 2016 serta berperan aktif dalam memasukkan data maupun informasi kearsipan pada aplikasi SIKN dan menyajikannya pada website JIKN.

Lembaga Kearsipan Provinsi yang melaksanakan magang/ pendampingan pada tanggal 19 s.d 20 November 2015 adalah Badan Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Daerah Provinsi Sulawesi Tengah. Peserta magang tersebut adalah staf dan pejabat struktural/ pejabat fungsional tertentu, untuk BPADD Provinsi Sulawesi Tengah diwakili oleh Intje Yusuf, S.Sos.

[Baca sisa dari artikel ini...]

16
ARCHIVES FOR PALESTINE

Otoritas Palestina bekerja dengan administrasi yang belum menjadi besar dan rumit (Memang cukup kecil tetapi rumit barangkali oleh faksionalisme politik dan konflik yang konstan dengan Israel). Setelah lebih dari 20 tahun sejak The Oslo Accords ditandatangani untuk menciptakan perdamain dan implementasi dua negara dan administrasi Otoritas Palestina mengalami proses pelembagaan, mungkin formative periods nya telah lewat sehingga organisasi pemerintahan dan strukturnya relatif stabil dan benar-benar berfungsi. Tetapi tetap bahwa konflik dan perang juga instabilitas Timur-Tengah secara keseluruhan adalah ancaman abadi yang menempatkan Palestina dan seluruh dokumen organisasi dan sosialnya sebagi easy target dan lenyap hanya dalam semalam oleh kebakaran ledakan roket-roket. Dalam situasi ini Palestina, seperti diungkapkan dalam kata-kata Deya- IT specialist dari kantor Kepegawain Negara Otoritas Palestina, “Perang dan penghancuran telah membuat kepala kami selama puluhan tahun sejak itu adalah tempat terakhir untuk menyimpan kenangan individual dan sosial kami. Dan mungkin akan tetap seperti itu sampai di masa depan yang kami belum tahu kapan tempat lain bisa kami percaya untuk menggantikannya”.

[Baca sisa dari artikel ini...]

11
KUNJUNGAN PESERTA DIKLAT PENGELOLAAN ARSIP BERBASIS TIK KE PUSAT SIKN DAN JIKN

Dalam rangka pembekalan dan pengembangan pengetahuan pengelolaan arsip berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), peserta Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kearsipan melakukan kunjungan ke Ruang Helpdesk SIKN dan JIKN, Gedung C lantai 8, ANRI, Jakarta pada tanggal 10 September 2015. Rombongan peserta yang berjumlah 20 peserta tersebut dibagi ke dalam 2 kelompok. Maksud kunjungan tersebut adalah untuk mengetahui gambaran mengenai SIKN dan JIKN yang diselenggarakan oleh ANRI.

Pemanfaatan TIK di lingkungan Kementerian/Lembaga (K/L), Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Lembaga Kearsipan Daerah (LKD) dan BUMN/BUMD dalam proses pemerintahan (e-government) akan meningkatkan efisiensi, efektivitas, transparansi, dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan sehingga akan terwujud penyelenggaraan pemerintahan yang baik (good governance) dan meningkatkan layanan publik yang efektif dan efisien.

Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Pengelolaan Arsip Berbasis TIK, yang diselenggarakan oleh Pusat Pendidikan dan Pelatihan ANRI di Bogor merupakan salah satu upaya memanfaatkan TIK khususnya dalam pengelolaan arsip. Dalam kesempatan ini, materi SIKN dan JIKN merupakan salah satu materi yang disampaikan kepada 20 peserta Diklat yang berasal dari Kementerian/Lembaga, Perguruan Tinggi Negeri, Lembaga Kearsipan Daerah (LKD) dan BUMN/BUMD antara lain terdiri dari Kementerian Kesehatan RI, Kementerian Keuangan, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Terbuka, Universitas Sanata Dharma, Sekolah Tinggi Sandi Negera, Kantor Arsip Perpustakaan dan Daerah Kabupaten Purworejo, Kantor Arsip dan Perpustakaan Kabupaten PPU Provinsi Kalimantan Timur, Badan Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Bekasi, Kantor Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Belitung, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Yogyakarta, Kantor Arsip Daerah Kabupaten Sleman dan Kantor Arsip Daerah Kabupaten Probolinggo.

[Baca sisa dari artikel ini...]

17
KUNJUNGAN KERJA TENAGA AHLI NAA (NATIONAL ARCHIVES OF AUSTRALIA) KE PUSAT SIKN DAN JIKN

Hubungan yang erat antara Arsip Nasional RI dan NAA (National Archives of Australia) semakin terasa dampaknya pada revolusi layanan arsip. Munculnya arsip digital dan penerbitan arsip digital serta perkembangan dan penggunaan teknologi informasi menyajikan sebuah tantangan dan kesempatan yang bersejarah. Bagi Arsip Nasional RI dan NAA publikasi arsip digital serta permintaan kemudahan akses terhadap informasi semakin tinggi menjadi kebutuhan suatu masyarakat informasi (information society). NAA memimpin Kebijakan Transisi Digital Pemerintah Australia yang bertujuan untuk mengurangi penyimpanan arsip kertas, biaya penyimpanan, serta lebih efisien dalam temu-balik. NAA tidak akan lagi menerima versi arsip kertas dari arsip digital yang diciptakan setelah tahun 2015.

[Baca sisa dari artikel ini...]

04
BPAD PROVINSI NANGROE ACEH DARUSSALAM MENGADAKAN KUNJUNGAN KERJA KE PUSAT JARINGAN NASIONAL SIKN DAN JIKN

Badan Arsip dan Perpustakaan (BPAD) Provinsi Nangroe Aceh Darussalam merupakan salah satu Lembaga Kearsipan Provinsi yang telah secara resmi terdaftar menjadi simpul jaringan kelima SIKN dan JIKN pada tahun 2014. Instansi tersebut melakukan pendaftaran pada saat penyelenggaraan “Magang Aplikasi SIKN“ pada tanggal 2 s.d. 3 Juni 2014 di Jakarta. Dalam kunjungan kerjanya pada hari Selasa 3 Maret 2015, BPAD Provinsi Nangroe Aceh Darussalam melakukan bimbingan konsultasi pengelolaan SIKN dan JIKN bertempat di Ruang Rapat Gedung C lantai 8, ANRI.

Pada pertemuan tersebut, BPAD Provinsi Nangroe Aceh Darussalam diwakili oleh M. Yusuf, Arkian, Kalamuddin, Muhammadiah, dan Didi Setiadi, sedangkan ANRI diwakili oleh Dra. Arih Murwati, MAP (Kepala Bidang Pengembangan Simpul Jaringan), Drs. Muhammad Rustam (Arsiparis Madya) dan para arsiparis di lingkungan Pusat SIKN dan JIKN. BPAD Provinsi Nangroe Aceh Darussalam menerangkan tentang perkembangan proses input arsip statis ke aplikasi SIKN dan JIKN. BPAD Provinsi Nangroe Aceh Darussalam sedang melakukan proses digitalisasi arsip statis secara massif. Drs. Muhammad Rustam menjelaskan bahwa BPAD Provinsi Nangroe Aceh Darussalam merupakan simpul teraktif dalam input arsip statis ke SIKN dan JIKN yang dapat kita lihat di statistik simpul dalam Website JIKN. Beliau berharap agar BPAD Provinsi Nangroe Aceh Darussalam dapat mempertahankan pencapaian tersebut.

[Baca sisa dari artikel ini...]

28
Sosialisasi Sistem Informasi Kearsipan Nasional (SIKN) dan Jaringan Informasi Kearsipan Nasional (JIKN)

Dalam konteks NKRI Sistem Informasi Kearsipan Nasional (SIKN) dan Jaringan Informasi Kearsipan (JIKN) merupakan sarana bantu penyatuan informasi kearsipan dan riwayat dokumenter yang terpisah-pisah di antara para pencipta arsip maupun lembaga kearsipan di seluruh Indonesia.

Dalam konteks Keterbukaan Informasi Publik, JIKN dapat menjadi sarana bantu implementasi Keterbukaan Informasi Publik oleh seluruh badan publik baik di pusat maupun daerah. SIKN dan JIKN sangat terkait dengan Open Government Indonesia, karena melalui website JIKN masyarakat dapat langsung mencari dan mendapatkan informasi dalam wujud arsip (berikut kopi digitalnya) secara lengkap, cepat, tepat, mudah dan murah, sesuai dengan prosedur dan aturan Keterbukaan Informasi Publik instansi yang bersangkutan.

Infrastruktur aplikasi SIKN dan JIKN akan terwujud dalam bentuk aplikasi dan website. Aplikasi SIKN merupakan aplikasi yang dipergunakan oleh simpul jaringan dalam  menghimpun data dan informasi kearsipannya. Aplikasi ini berupa web service yang mendukung interoperabilitas dan interaksi sistem pada jaringan. Aplikasi SIKN hanya terbatas digunakan oleh pengguna tertentu di instansi bersangkutan dan pengguna lainnya yang telah mendapat kewenangan dari administrator sesuai dengan perannya. Website JIKN merupakan antarmuka pengguna umum (masyarakat) untuk mencari informasi kearsipan secara nasional yang sebelumnya telah dihimpun oleh simpul jaringan menggunakan aplikasi SIKN. Fitur lainnya pada website JIKN adalah pencarian arsip tematik, pameran arsip virtual, galeri arsip, pemesanan arsip online, pesan baca arsip onsitelink ke lembaga kearsipan dan lain-lain.


[Baca sisa dari artikel ini...]

28

 

Kunjungan Kepala Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Samarinda, HS. Fauzi, SE, M.Si beserta tim arsiparis ke ANRI (27/11/2013)

Kepala Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Samarinda, HS. Fauzi, SE, M.Si beserta tim pelaksana

 

Perwakilan tim arsiparis Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Samarinda

[Baca sisa dari artikel ini...]

22
Pelatihan In-House Implementasi SIKN dan JIKN di BPAD Provinsi Banten

 

 Pembukaan Pelatihan In-House Implementasi SIKN dan JIKN oleh Kepala Bidang Penyajian Sistem Informasi Kearsipan, Dra. Desi Pratiwi, MIM didampingi oleh Kepala Bidang Pengolahan Data SIK, Glenn Pawitan, SIP, MM

 

 Sesi Bedah Arsip Dinamis Aktif T.A 2012/2013 di unit TU BPAD Provinsi Banten oleh Tim SIKN - JIKN

 

 

 Pengarahan Klasifikasi Arsip oleh Tim SIKN - JIKN Kepada Petugas TU di BPAD Provinsi Banten

[Baca sisa dari artikel ini...]

14
Kunjungan Sekretaris Daerah Kabupaten Bantul ke ANRI

Sesi Pengarahan dan Pembukaan Implementasi SIKN - JIKN oleh Deputi Bidang IPSK, Dra. Dini Saraswati, MAP didampingi oleh Kepala Pusat Pengkajian dan Pengembangan Sistem Informasi Kearsipan, Drs. Sumrahyadi, MIMS dan Sekretaris Daerah Kabupaten Bantul, Drs. Riyantono, M.Si

 

 

Kepala Kantor Arsip Kabupaten Bantul beserta tim arsiparis 

 

 

 Dalam kunjungannya, Sekretaris Daerah Bantul, Kepala Kantor Arsip Kabupaten Bantul beserta tim pelaksana mengunjungi ruang admin dan help desk Pusat Jaringan Nasional SIKN dan JIKN

 

 

 Penyerahan Cindera Mata oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Bantul kepada Deputi Bidang IPSK  

[Baca sisa dari artikel ini...]

04
Koordinasi dan Implementasi SIKN - JIKN di BPKD Provinsi Kalimantan Barat

 

Sesi pengarahan dan pembukaan Koordinasi dan Implementasi SIKN–JIKN oleh kepala BPKD Provinsi Kalimantan Barat yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bidang Arsip Statis BPKD Kalimantan Barat yaitu Dra. Hj. Nani Mulyani, MM sebagai Kabid Arsip Statis BPKD Provinsi Kalimantan Barat.

 

  

Sesi I oleh Dra. Desi Pratiwi, MIM, Kepala Bidang Penyajian Data SIK menyampaikan materi Kebijakan Penyelenggaraan SIKN-JIKN

 

 

 Sesi II oleh Siwo Bayu Aji, S.Kom, Pranata Komputer Pertama menyampaikan materi Pengenalan Infrastruktur Aplikasi SIKN-JIKN

 

 

 Peserta Koordinasi dan Implementasi SIKN - JIKN di BPKD Provinsi Kalimantan Barat



  

Sesi I oleh Dra. Desi Pratiwi, MIM, Kepala Bidang Penyajian Data SIK menyampaikan materi Kebijakan Penyelenggaraan SIKN-JIKN

 

 

 Sesi II oleh Siwo Bayu Aji, S.Kom, Pranata Komputer Pertama menyampaikan materi Pengenalan Infrastruktur Aplikasi SIKN-JIKN

 

 

 Peserta Koordinasi dan Implementasi SIKN - JIKN di BPKD Provinsi Kalimantan Barat

 


  

Sesi I oleh Dra. Desi Pratiwi, MIM, Kepala Bidang Penyajian Data SIK menyampaikan materi Kebijakan Penyelenggaraan SIKN-JIKN

 

 

 Sesi II oleh Siwo Bayu Aji, S.Kom, Pranata Komputer Pertama menyampaikan materi Pengenalan Infrastruktur Aplikasi SIKN-JIKN

 

 

 Peserta Koordinasi dan Implementasi SIKN - JIKN di BPKD Provinsi Kalimantan Barat

 

  

Sesi I oleh Dra. Desi Pratiwi, MIM, Kepala Bidang Penyajian Data SIK menyampaikan materi Kebijakan Penyelenggaraan SIKN-JIKN

 

 

 Sesi II oleh Siwo Bayu Aji, S.Kom, Pranata Komputer Pertama menyampaikan materi Pengenalan Infrastruktur Aplikasi SIKN-JIKN

 

 

 Peserta Koordinasi dan Implementasi SIKN - JIKN di BPKD Provinsi Kalimantan Barat

 

[Baca sisa dari artikel ini...]

19
Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) SIKN dan JIKN Tahun 2013 di Yogyakarta

Dalam rangka mengoordinasikan simpul jaringan, ANRI sebagai pusat jaringan nasional melaksanakan temu jaringan melalui Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) SIKN dan JIKN, pada tanggal 17-19 Oktober 2013 di Hotel Inna Garuda, Yogyakarta. Tema Rakornas SIKN dan JIKN kali ini adalah “Implementasi Penyelenggaraan SIKN dan JIKN dalam rangka Mendukung Pengembangan E-Government sesuai dengan Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan”.

Tujuan Rakornas SIKN dan JIKN tahun 2013 ini adalah untuk mewujudkan penyelenggaraan kepemerintahan yang berbasis elektronik dalam rangka meningkatkan kualitas layanan publik secara efektif dan efisien, melalui penyediaan informasi kearsipan secara online.

Rakornas SIKN dan JIKN dihadiri oleh 180 orang peserta yang berasal dari: Unit Kearsipan Kementerian sebanyak 9 orang; Unit Kearsipan LPNK sebanyak 9 orang; Lembaga Kearsipan Daerah Provinsi sebanyak 44 orang; Lembaga Kearsipan Daerah Kabupaten/Kota sebanyak 88 orang; Lembaga Kearsipan Perguruan Tinggi Negeri sebanyak 9 orang; Unit Kearsipan BUMN sebanyak 15 orang; dan Perwakilan Dinas Kominfo sebanyak 6 orang.

Hasil akhir dari Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Tahun 2013 ini adalah sebuah keputusan dan rekomendasi Rakornas SIKN dan JIKN yang disusun oleh tim perumus yang berasal dari Kementerian Pertanian, Lembaga Administrasi Negara, Badan Perpustakaan Arsip Daerah Provinsi DKI Jakarta, Kantor Arsip Daerah Kabupaten Sleman, Arsip Universitas IPB, dan PT Pelindo III.

[Baca sisa dari artikel ini...]

21
Koordinasi Persiapan Implementasi SIKN-JIKN di lingkungan BPAD Provinsi Banten

Dalam rangka persiapan implementasi Sistem Informasi Kearsipan Nasional (SIKN) dan Jaringan Informasi Kearsipan Nasional (JIKN) di lingkungan Pemerintah Provinsi Banten, tim Arsip Nasional Republik Indonesia melaksanakan koordinasi persiapan dan pelaksanaan di Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Banten pada tanggal 21 Agustus 2013

 

 

Kepala Bidang Pengolahan Data SIK menyampaikan koordinasi persiapan implementasi SIKN-JIKN dengan BPAD Provinsi Banten (21/08/2013)

Suasana Rapat antara Tim ANRI dengan Tim arsiparis BPAD Provinsi Banten (21/08/2013)

[Baca sisa dari artikel ini...]

18
Agar Arsip Mudah Diakses Publik
Apa yang harus dilakukan jika seseorang membutuhkan informasi arsip asli, autentik, dan utuh yang sudah berusia ratusan tahun? Atau, membutuhkan dokumen sahih tentang peraturan pemerintah tertentu yang sedang berlaku? Apakah memperolehnya bisa sama mudahnya?

Nah, dalam waktu dekat pihak Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) bekerja sama dengan PT. Telkom akan segera meluncurkan Jaringan Informasi Kearsipan Nasional (JIKN) dan Sistem Informasi Kearsipan Nasional (SIKN). Keduanya sengaja dibangun ANRI guna mewujudkan arsip sebagai tulang punggung manajemen penyelenggaraaan negara, memori kolektif bangsa, dan simpul pemersatu bangsa dalam kerangka NKRI.

JIKN merupakan website yang memungkinkan masyarakat mengakses berbagai informasi kearsipan dengan sangat mudah. Entah itu informasi arsip statis yang dikelola oleh lembaga kearsipan pusat dan daerah, maupun informasi arsip dinamis yang masih digunakan dan dikelola oleh kementerian/lembaga negara, pemerintahan daerah, BUMN, BUMD, serta perguruan tinggi sesuai amanat Undang-undang Nomor 43 tahun 2009 tentang Kearsipan. Pengelola arsip statis dan pengelola arsip dinamis tersebut dalam JIKN disebut sebagai simpul jaringan. Berbeda dengan JIKN, SIKN merupakan aplikasi yang digunakan oleh simpul jaringan untuk memasukkan informasi arsipnya dalam JIKN.

Uniknya, JIKN akan menyediakan informasi arsip secara utuh, autentik, serta lengkap dengan metadatanya. "Website ini dibangun agar masyarakat dapat mengakses informasi arsip secara lengkap, cepat, tepat, mudah dan murah, di mana pun berada," ujar Dini Saraswati, Deputi Bidang Informasi dan Pengembangan Sistem Kearsipan, ANRI.

Manfaatnya tentu besar. Dini menjelaskan, seorang pengusaha misalnya, bisa dengan mudah mendapatkan informasi peraturan terkait bidang investasi di daerah tertentu, sebelum ia berinvestasi ke daerah itu. Atau, seorang peneliti bisa dengan mudah mendapatkan informasi arsip kuno untuk kebutuhan studinya. Semuanya bisa didaptkan melalui website www.jikn.go.id.

Selain itu, JIKN dan SIKN ternyata sangat bermanfaat bagi kementerian, lembaga pemerintah, dan pemerintahan daerah dalam mengelola arsip berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Juga, dalam hal saling berbagi informasi arsip antar mereka. Tak hanya itu, JIKN juga akan mempermudah instansi pemerintah menyediakan informasi kearsipan bagi masyarakat luas, sesuai amanat Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Dalam pengoperasiannya, SIKN dan JIKN menggunakan teknologi cloud computing. Teknologi yang juga digunakan oleh situs Facebook ini lebih efisien dan mudah dioperasikan. Simpul jaringan cukup memiliki komputer personal, koneksi Internet, scanner, lalu berlangganan data storage Telkom Cloud, dan mendaftar sebagai simpul jaringan di JIKN. "Tak perlu repot lagi memikirkan pengadaan serta pemeliharaan infrastruktur perangkat keras teknologi informasi seperti server, jaringan, maupun backup data," kata Dini.

Dini juga mengingatkan bahwa ibarat jaring, semakin banyak dan kuat simpul jaringannya akan semakin kuat jaring tersebut. Sama halnya dengan JIKN, semakin banyak simpul jaringan yang berpartisipasi aktif, akan semakin banyak informasi arsip yang tersedia dan dapat diakses oleh masyarakat.


Baik informasi arsip autentik berusia ratusan tahun, maupun dokumen peraturan yang sedang berlaku, akan sangat mudah didapat, lewat website jikn.go.id.

 

 (Sumber : Majalah Tempo Edisi 20 - 26 Mei 2013)

[Baca sisa dari artikel ini...]

18
Sempurnakan Penyelenggaraan Kearsipan Nasional, Rakornas JIKN Tahap II Dilaksanakan

JAKARTA, ARSIP - Sebagai salah satu bentuk pelaksanaan amanat Undang-undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan yang antara lain mengatur perlu adanya suatu koordinasi dalam penyelenggaraan Jaringan Informasi Kearsipan Nasional (JIKN), Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) melaksanakan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) JIKN Tahap II. Rakornas JIKN Tahap II ini bertempat di Hotel Bumikarsa, Jl. Gatot Subroto kav. 71-73, Jakarta Selatan pada 15 s.d 16 Nopember 2011 dan dibuka secara resmi oleh Kepala ANRI,M. Asichin. Acara diikuti oleh 100 orang peserta berasal dari instansi pemerintah tingkat pusat dan daerah. 

Melalui rakornas JIKN tahap II diharapkan timbulnya efek berkelanjutan, yakni menuju pada kesiapan infrastruktur dan sumber daya lainnya yang menjadi persyaratan dan tanggung jawab dari tiap instansi sebagai simpul jaringan. Diharapkan pula terwujudnya kerja sama antara para pemangku kepentingan dalam membangun sebuah JIKN serta terwujudnya peningkatan penyediaan dan pelayanan kearsipan kepada masyarakat.

Adapun materi yang didiskusikan dalam rakornas JIKN tahap II mencakup pada kebijakan penyelenggaraan pangkajian dan pengembangan sistem dan informasi kearsipan, Norma Standar Prosedur dan Kriteria (NSPK) menyangkut penyelenggaraan JIKN, perkembangan menyangkut pelaksanaan e-Government, serta isu terkait dengan teknologi jaringan, dalam hal ini Cloud Computing. Perwakilan Kementerian Komunikasi dan Informatika serta PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk. turut hadir dalam acara ini yang bertindak sebagai narasumber bersama perwakilan ANRI.

 

 (Sumber : Majalah ANRI Edisi Khusus 56 Tahun 2011)

[Baca sisa dari artikel ini...]