Agenda

Tidak Ada Agenda yang Aktif.

Jajak Pendapat

Media apa menurut anda yang paling efektif untuk mensosialisasikan SIKN-JIKN ke seluruh Indonesia?




Saat ini tidak ada jajak pendapat yang aktif
Anda harus mengaktifkan fitur Cookie untuk menggunakan fitur ini

Jumlah Pengunjung

Keanggotaan Keanggotaan:
Pengguna baru terakhir Terakhir: Asep
24 Jam Terakhir 24 Jam Terakhir: 0
24 Jam Kemarin 24 Jam Kemarin: 5
Jumlah Pengguna Keseluruhan: 545

Orang yang Online Orang yang Online:
Pengunjug Pengunjung: 65
Anggota Pengguna: 0
Total Total: 65

Online Sekarang Online Sekarang:

Galeri

Berita

Arsiparis di Seluruh Dunia Berkumpul di Kongres ICA 2016 dalam “Archives, Harmony and Friendship”: Seoul, 5–10 September 2016
15 September 2016 07:31

Anjeong haseyo,

Dua ribu empat puluh sembilan Arsiparis dari 144 negara berkumpul di Seoul, Korea Selatan dalam Kongres ICA yang diselenggarakan 4 tahun sekali. Presiden Republik Korea Park Geun-hye, yang tidak hadir secara langsung dalam acara pembukaan, menyampaikan pesan ucapan selamat melalui rekaman video. Sementara itu, John Hocking, Asisten Sekretaris Jenderal PBB memberikan keynote yang sangat berpengaruh tentang nilai arsip dan Arsiparis. Hocking menggambarkan hubungan antara inisiatif-inisiatif lembaga kearsipan di seluruh dunia yang menunjukkan dampak global pada arsip. Dia juga menekankan peran Arsiparis untuk membuat koneksi di dalam dan di luar profesinya, sehingga dapat menciptakan terobosan yang tidak terduga dalam menanggulangi perang, kemiskinan, atau perubahan iklim. Menurutnya, setiap arsip dapat berisi petunjuk terhadap isu-isu global.

David Fricker, Presiden ICA dalam sambutannya menyampaikan, “Sebagai Arsiparis, kami bekerja di waktu-waktu yang sangat menarik dan kompleks. Tidak ada topik yang lebih mendasar bagi masyarakat modern selain daripada informasi – siapa yang memegang informasi, yang dapat mengaksesnya, dan bagaimana menggunakannya. Di tengah-tengah persoalan ini ada Lembaga Kearsipan, sebagai penjaga memori masyarakat, dan tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya memaksa kita semua untuk memikirkan ulang keterampilan, metode, dan kewajiban kita yang paling baik dalam mempersiapkan pemberian layanan yang akan mempengaruhi ketentuan-ketentuan pemerintah, industri, dan masyarakat sipil – sekarang dan ke masa depan.”

Tema utama “Archives, Harmony and Friendship” dalam Kongres ICA 2016 meliputi tema-tema konferensi seperti: perubahan sifat pengelolaan arsip di era digital; peluang kerja sama di dalam dan di luar lingkungan kearsipan; penggunaan dan peran arsip dalam mendukung kebenaran, keadilan dan rekonsiliasi; serta kesempatan untuk harmoni dan persahabatan dalam upaya-upaya kearsipan. Tiga pemakalah dari ANRI turut berpartisipasi dalam berbagai tema konferensi tersebut: 1) Pencapaian arsip nasional: Desi Pratiwi (Kepala Pusat SIKN dan JIKN) dengan makalah “The Indonesian Archival Information Network–Sharing Responsibilities between Archival Entities in Making Government Information Available”; 2) Arsip digital: Prasitio Utomo (Pranata Komputer) mempresentasikan tentang “Cloud Computing Technology in Digital Archives Management (Architecture, Programming Model and Implementation)”; dan 3) Pengelolaan arsip dinamis dan statis digital: Jajang Nurjaman (Arsiparis) menampilkan makalah “E-Governement and Roles of Archives: Recent Progress of Digital Recordskeeping in Indonesia”.

Berdasarkan pemungutan suara para anggota secara langsung, Majelis Umum ICA menetapkan ICA Annual Conference tahun 2017 akan diselenggarakan di Mexico City dengan tema “Archives, Citizenship and Interculturalism”, sementara ICA General Conference tahun 2020 akan diselenggarakan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA). Presiden ICA menyampaikan apresiasinya atas undangan UEA untuk menyelenggarakan dan menjadi tuan rumah Kongres 2020, di mana ribuan Arsiparis di seluruh dunia akan mengikuti acara ini serta siap mempelajari tentang budaya Arab dan menerima keramahtamahan legendaris dari UEA.

Setelah seminggu penyelenggaraan lokakarya, poster, presentasi, dan pameran, Kongres ICA 2016 ditutup secara resmi oleh Presiden ICA, David Fricker. Kemudian, acara dilanjutkan dengan pembacaan dan penandatanganan Komunike Bersama “Archives, Harmony and Friendship: Sustaining the Spirit of Seoul” oleh Kepala Arsip Nasional Korea Sang-Jin Lee dan Presiden ICA David Fricker.

Di sela-sela konferensi, beberapa cabang regional ICA melakukan pertemuan tahunan mereka seperti: ARBICA, EASTICA, EURBICA, PARBICA, SARBICA, dan SWARBICA. Dalam SARBICA 20th General Conference, Kepala ANRI selalu Ketua SARBICA memimpin rapat yang memilih Kepala Arsip Nasional Malaysia, Mr Azemi Abdul Aziz sebagai Ketua SARBICA periode 2016–2018. Setelah Konferensi Umum ditutup oleh Ketua SARBICA yang lama, selanjutnya Ketua yang baru langsung memimpin SARBICA 21th Executive Board Meeting.

Untuk pertama kalinya, ICA menyelenggarakan SPA (Section of Professional Associations) Film Festival Awards dalam Kongres. Vilde Ronge, Ketua SPA, dan David Fricker, Presiden ICA, mengumumkan pemenang dari tiga kategori dari 9 film yang dinominasikan di SPA Film Festival 2016 pada sidang paripurna Kongres Internasional ICA di Seoul: 1) Film terbaik yang menggambarkan relevansi dan pentingnya Lembaga Kearsipan adalah ”Cardiff People First” dari Glamorgan Archives, Storbritannia; 2) Film terbaik yang menggambarkan relevansi dan pentingnya pengelolaan arsip dinamis adalah ”Records Management” dari Ville d´Antibes Juan-les-Pins, Frainkrike; serta 3) Film terbaik yang menggunakan humor untuk berkomunikasi tentang pengelolaan arsip dinamis dan/atau statis adalah ”GEVER” dari Schweizerisches Bundesarchiv, Sveits.

Peoples Award diberikan untuk film ”Rens at the Archive” dari Regional Archive Rivierenland (RAR) & Heritage Guelderland (HG), Nederland, setelah pemungutan suara secara online yang diselenggarakan oleh Norsk arkivråd ditutup pada tanggal 8 September pukul 22.00 waktu Korea.

Terima kasih ICA Seoul 2016 dan sampai jumpa lagi dalam Majelis Umum ICA 2017 di Mexico City.

Ghamsa hamida.

[Bayu Kurniawan]
Penjajakan Implementasi SIKN dan JIKN di lingkungan Badan Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Daerah Provinsi Lampung.
15 Agustus 2016 13:26

Sepuluh Agustus Dua Ribu Enam Belas,

Diawali dengan penerimaan tim oleh Ibu Kepala Badan Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Daerah Provinsi Lampung Herlina Warganegara, SE., MM yang didampingi oleh Kepala Bidang Pengelolaan Arsip Wisanggono SE, M.Si. Tim penjajakan implementasi SIKN dan JIKN dari Pusat SIKN dan JIKN dipimpin oleh Kepala Bidang Pengembangan Simpul Jaringan Dra. Arih Murwati, M.AP didampingi oleh Okta Handi Suryadi (Arsiparis) dan Bayu Kurniawan (Pranata Komputer).

Penjajakan implementasi SIKN dan JIKN dilaksanakan untuk mengetahui kesiapan dan kesediaan Badan Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Daerah Provinsi  Lampung. Identifikasi kesiapan diperlukan untuk mengetahui kesiapan sumber daya pendukung untuk implementasi SIKN dan JIKN, seperti: koneksi internet, alat alih media, komputer, SDM untuk pelaksana entry, pelaksana editor dan penentu keterbukaan dan ketertutupan informasi arsip, daftar arsip dinamis, daftar arsip statis, aplikasi pengelolaan arsip yang sudah ada, serta ketersediaan anggaran. Identifikasi kesediaan dimaksudkan untuk mengetahui kesediaan instansi dalam menerima stimulan sewa storage SIKN dan JIKN tahun 2016 dan kesediaan untuk menyediakan anggaran sewa storage SIKN dan JIKN tahun 2017. Acara dilanjutkan dengan pengenalan aplikasi SIKN dan JIKN dan diskusi yang diikuti oleh 15 orang pengelola arsip sebagai peserta.

[Okta Handi Suryadi]
PENJAJAKAN IMPLEMENTASI SIKN DAN JIKN DI UNIVERSITAS TERBUKA
23 Juni 2016 11:48

Bertempat di Ruang Sidang Pusat Layanan Pustaka Universitas Terbuka, Pusat SIKN dan JIKN Arsip Nasional RI dan Pusat Layanan Pustaka Universitas Terbuka duduk bersama guna berdiskusi terkait implementasi SIKN dan JIKN pada tanggal 15 Juni 2016. Acara yang dihadiri oleh pejabat struktural dan fungsional di lingkungan Pusat Layanan Pustaka itu diawali dengan sambutan dari Kepala Pusat Layanan Pustaka Universitas Terbuka, Dr. Effendi Wahyono, M.Hum yang menjelaskan secara singkat mengenai posisi Pusat Layanan Pustaka yang menaungi 3 unit, yakni : Perpustakaan, Kearsipan, dan PPID. Saat ini Universitas Terbuka sedang mencoba penerapan aplikasi SIKD (Sistem Informasi Kearsipan Dinamis). Universitas Terbuka sudah memiliki aplikasi kearsipan sendiri yang digunakan untuk menginput arsip dinamis, yang dinamakan SIPUT. Pengembangan SIPUT di Universitas Terbuka dilakukan oleh outsourcing. Aplikasi SIPUT belum dilengkapi dengan klasifikasi dan JRA.

Tim Penjajakan Implementasi SIKN dan JIKN ANRI (dalam hal ini diwakili oleh Drs. M. Rustam) mempresentasikan Penyelenggaraan SIKN dan JIKN secara menyeluruh, SIKN JIKN sebagai prioritas nasional, trend layanan kearsipan, digitalisasi arsip, pengertian simpul jaringan SIKN JIKN, timeline implementasi SIKN JIKN, manfaat SIKN JIKN, fitur utama aplikasi SIKN dan website JIKN, kategori akses, informasi publik, kopi digital ekstrak, kelompok pengguna, alternatif dalam implementasi, pilihan metode implementasi pada simpul jaringan, yaitu : implementasi langsung (direct changeover), implementasi bertahap (phased changeover), unit kerja percontohan (pilot operation), pengertian cloud computing, paket penyimpanan pada Telkom Sigma, dan proses pendaftaran menjadi simpul. Acara dilanjutkan dengan sekilas demo aplikasi SIKN oleh Rizal Aditya Herdianto (pranata komputer ANRI). Pada akhir pertemuan dicapai kesepakatan bahwa Universitas Terbuka akan mengikuti program dari ANRI berupa pemberian stimulan (gratis sewa storage) selama 4 bulan.

[Sely Purbasari Suryani]
WORKSHOP SIKN DAN JIKN
19 Mei 2016 10:20

Pusat SIKN dan JIKN telah menyelenggarakan Workshop SIKN dan JIKN di Hotel De Rivier Jakarta pada tanggal 12 – 13 Mei 2016. Workshop yang dibuka oleh Deputi Bidang Informasi dan Pengembangan Sistem Kearsipan (Ibu Dini Saraswati) ini merupakan tindak lanjut Sosialisasi SIKN dan JIKN pada bulan April lalu, kepada seluruh calon simpul jaringan potensial yang akan menerima stimulan. Workshop diselenggarakan sebagai sarana bagi calon simpul jaringan untuk pengenalan aplikasi SIKN dan JIKN serta bimbingan teknis pengoperasian aplikasi SIKN dan JIKN.

Workshop ini dihadiri oleh 70 peserta yang terdiri dari instansi pusat, lembaga kearsipan daerah dan perguruan tinggi. Selama dua hari peserta Workshop memperoleh bekal ilmu pengoperasian aplikasi SIKN dan JIKN, yang nantinya akan diterapkan pada simpul jaringan secara riil. Hari pertama dimulai dengan pemaparan oleh Kepala Bidang Pengembangan SIKN dan JIKN (Bpk. Eksanto) yang lebih ditekankan pada teknis penggunaan aplikasi. Beliau menyampaikan materi “Peran Pengguna dan Demo Aplikasi SIKN dan JIKN.” Selanjutnya peserta Workshop dipandu oleh Benhard Malau (Pranata Komputer) dalam pembuatan simpul jaringan di server diklat (www.diklat.jikn.go.id). Pembuatan simpul jaringan di server diklat ini dimaksudkan untuk sarana latihan calon simpul jaringan untuk mengoperasian aplikasi SIKN dan JIKN sebelum menggunakan aplikasi secara riil. Hari kedua Workshop, peserta melakukan praktik peran pengguna pada aplikasi, yakni pengguna entri, editor dan PPID. Praktik dipandu oleh M.Zahrudin (Pranata Komputer) serta tim Pusat SIKN dan JIKN.

Acara berlangsung baik dengan antusiasme peserta pada diskusi dan tanya jawab antara peserta dengan pemateri, serta pemahaman yang diperoleh para peserta selama Workshop berlangsung. Workshop SIKN dan JIKN diakhiri dengan penutupan oleh Kepala Pusat SIKN dan JIKN (Ibu Desi Pratiwi), menyampaikan akan melaksanakan evaluasi implementasi SIKN dan JIKN pada simpul jaringan dengan instrumen pengukuran implementasi SIKN dan JIKN pada simpul jaringan, sebagai alat evaluasi pada implementasi SIKN dan JIKN.

[Eviani]
PEMANTAUAN DAN EVALUASI IMPLEMENTASI SIKN DAN JIKN PADA SIMPUL PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA
17 Mei 2016 08:12

Pada tanggal 4 s.d.6 Mei 2016, Pusat SIKN dan JIKN Arsip Nasional RI menyelenggarakan kegiatan pemantauan dan evaluasi penyelenggaraan SIKN dan JIKN pada simpul PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk. PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk merupakan simpul jaringan SIKN dan JIKN (dari lingkungan BUMN) yang sudah bergabung sejak tahun 2013.

Kegiatan pemantauan dan evaluasi penyelenggaraan SIKN dan JIKN bertempat di Kantor Pusat Graha Merah Putih Telkom, Jalan Japati No. 1, Bandung.Tim dari Pusat SIKN dan JIKN ANRI terdiri atas : Eksanto, S.Si, Drs. Muhammad Rustam, dan Muhammad Zahrudin, S.Kom.

Ruang lingkup kegiatan pemantauan dan evaluasi penyelenggaraan SIKN dan JIKN di PT.Telekomunikasi Indonesia ini, antara lain : pembahasan butir-butir alat ukur kematangan implementasi dalam media kuisioner, melakukan wawancara terkait kendala yang dialami pengguna teknis aplikasi, dan dokumentasi pernyataan dukungan kegiatan pemantau dan evaluasi. Kegiatan ini bertujuan untuk mengukur skala kematangan implementasi yang telah dilakukan simpul jaringan. Tim Pusat SIKN dan JIKN diterima oleh Bapak Jeffrey Andreas Budisetianto selaku Senior Officer Document Management PT.Telekomunikasi Indonesia, Tbk yang didampingi oleh tim teknis pengelola arsip dilingkungan Legal and Compliance.

Terdapat beberapa catatan untuk simpul jaringan, yaitu peningkatan kebijakan internal, kematangan perencanaan dan anggaran dalam implementasi SIKN dan JIKN serta dokumen kelengkapan pendukung dalam penyelenggaraan SIKN dan JIKN. Adapun saran yang disampaikan PT.Telekomunikasi Indonesia,Tbk adalah terkait aplikasi, untuk instansi yang mobilitas perubahan struktur organisasi tinggi, seperti PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk, simpul jaringan sebaiknya terdapat pada unit kerja (bukan satu struktur organisasi penuh), hal ini memudahkan jika sering terjadi pergantian pejabat dan pengguna.

[Sely Purbasari Suryani]

Pameran Virtual

Media Sosial

Ikuti kami di Twitter: